Waduk Gondang di Jombang Bocor, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

Written By Unknown on Jumat, 19 September 2014 | 12.42

SURYA Online, JOMBANG - Memasuki kemarau panjang ratusan hektare areal persawahan di Kecamatan Kabuh dan Ploso, Kabupaten Jombang, mulai mengalami kekeringan.

Pasalnya  bangunan waduk Gondang seluas 13 hektare di Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh mengalami kebocoran, sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.

Rusaknya bangunan waduk Gondang sendiri sebenarnya sudah terjadi selama satu tahun terakhir.

Padahal waduk Gondang merupakan satu-satunya sumber irigasi andalan petani di Kecamatan Kabuh dan Ploso untuk mengairi sawahnya.

Waduk dengan kedalaman 15 meter  yang mengairi Kecamatan Ploso dan Kabuh mengalami kebocoran air, karena tanggul banyak yang retak, sehingga bisa menahan air dalam jumlah besar.

Kondisi itu semakin parah saat memasuki musim kemarau tiba. Karena volume air semakin menyusut dalam satu bulan terakhir.

Kedalaman air yang bercampur lumpur hanya mencapai 20 centimeter.

Sebaliknya saat musim penghujan waduk tak mampu membendung curahan air hujan hingga meluap dan membanjiri sejumlah sawah yang berada di sekitar waduk.

"Kami ini serba susah. Musim hujan susah karena sawah dibanjiri luapan waduk. Sedangkan saat kemarau, waduk  hampir tidak ada airnya, sehingga sawah kami tak mendapat irigasi yang cukup," kata Siman, warga Desa Sumbergondang, Jumat (19/09/2014).

Siman mengaku, kerusakan bangunan waduk Gondang itu sendiri sudah sering dilaporkan ke pemerintah setempat, namun hingga saat ini belum juga ada perbaikan.  Para petani hanya bisa pasrah hasil panen palawija, sayuran dan padinya tidak memenuhi harapan, alias merugi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Waduk Gondang di Jombang Bocor, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/09/waduk-gondang-di-jombang-bocor-ratusan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waduk Gondang di Jombang Bocor, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waduk Gondang di Jombang Bocor, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger