Sensasi Lembut Tinutuan

Written By Unknown on Jumat, 19 September 2014 | 12.42

Oleh : Izzati Qurrotul A'yun
Alumnus Pendidik Muda di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara/Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru jurusan di Universitas Negeri Malang
izzatiqurrotul@yahoo.com

PERNAH tinggal selama satu tahun di Sulawesi Utara, membuat lidah saya tidak asing lagi dengan makanan khasnya, bubur tinutuan. Makanan khas kabupaten yang beribukota di Manado ini juga biasa dikenal dengan nama bubur Manado. Tampilan bubur yang kekuningan dengan sayuran yang terkesan campur aduk membuat bubur Manado lain dari bubur kebanyakan.

Kelezatan rasa tinutuan dihasilkan dari perpaduan bahan yang cukup sederhana. Beras, singkong, labu kuning, kangkung, bayam, jagung, daun kemangi, dan daun gedi (sayuran khas sulawesi utara) menjadi komposisi utama dalam pembuatannya. Perpaduan bahan yang sederhana ditambah pelengkap dabu (sambal) ternyata menghasilkan rasa bubur yang istimewa. Selain itu ada juga tinutuan yang ditambah dengan mi, bagi mereka yang suka.

Perpaduan antara rasa pedas, gurih, sekaligus segar membuat tinutuan terasa begitu lezat ketika dinikmati.Selain kelezatannya yang terasa, tinutuan menjadi lebih istimewa karena kandungan vitamin, mineral dan serat yang ada pada ubi, labu dan sayuran, sehingga tidak salah jika tinutuan juga bisa disebut dengan bubur sehat.

Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan lewatkan untuk merasakan sensasi lezatnya tinutuan. Ada banyak warung makanan yang menyediakan bubur khas Manado ini. Harganya pun cukup murah, hanya berkisar 10.000 rupiah saja. Namun, bagi yang tidak bisa datang ke Sulawesi Utara dan ingin mencicipi tinutuan, tidak perlu khawatir karena pembuatan tinutuan bisa dibilang mudah dan sederhana.

Cukup dengan mencampurkan semua bahan utama dengan ditambah rempah-rempah berupa bawang putih, serai, daun salam dan garam, maka jadilah makanan khas Sulawesi Utara, tinutuan. Agar ada sensasi segar saat menikmati bubur unik ini, maka sayuran perlu dicampurkan di urutan paling belakang. Mudah bukan? Hanya dengan bahan dan cara pembuatan yang sederhana, kita bisa menikmati kelezatan perpaduan rasa tinutuan yang menyehatkan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sensasi Lembut Tinutuan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/09/sensasi-lembut-tinutuan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sensasi Lembut Tinutuan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sensasi Lembut Tinutuan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger