Balita di Banyuwangi Meninggal Karena AIDS

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 12.43

SURYA Online, BANYUWANGI - Seorang balita berusia tiga tahun di Kabupaten Banyuwangi yang terjangkit virus mematikan HIV diketahui meinggal dunia.

Ini merupakan data terbaru temuan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banyuwangi.

"Beberapa hari yang lalu kami menerima informasi ada balita di Kecamatan Genteng yang terjangkit HIV. Penularannya sendiri berasal dari ibunya yang tertular dari sang suami," terang Erna Agustina, Pengelola Program KPA.

Banyuwangi, Sabtu (30/11/2013) disela acara peringatan Hari AIDS se dunia yang digelar oleh KPA dan pelajar serta mahasiswa di kawasan Simpang Lima Banyuwangi.

"Rencananya setelah aksi Hari AIDS kami akan berkunjung ke sana, tapi kami mendapatkan kabar dari relawan yang ada di Genteng jika balita berusia tiga tahun itu sudah meninggal dunia," lanjut Erna.

Dinas Kesehatan Banyuwangi sendiri belum memiliki data pasti mengenai jumlah bayi yang terjangkit HIV.

Erna menambahkan, untuk jumlah balita yang terjangkit virus HIV masih belum diketahui pasti. Yang pasti, kata Erna jumlah orang yang terjangkit setiap bulan selalu ada.

"Sekitar 20an orang terjangkit virus ini setiap bulannya. Jumlah ini mungkin bisa lebih jika mengacu rumus dari badan kesehatan PBB WHO yakni, jumlah saat ini ditambahkan 100," ucapnya.

Terkait penanggulangan penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Banyuwangi, KPA bersama Dinas Kesehatan dan lembaga swadaya masyarakat peduli HIV/AIDS mencananangkan tiga program, yakni zero penemuan baru ODHA, zero kematian dan zero penularan baru.

"Ini menjadi tugas bersama untuk memutus rantai penularan HIV/AIDS. Untuk kami akan terus mengencarkan kegiatan edukasi ke masyarakat mengenai proses penularan sehingga penulan baru tidak terjadi," papar dr Kurnianto, Plt Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Banyuwangi, hingga Agustus 2013 tercatat 15 orang meninggal akibat AIDS.


Anda sedang membaca artikel tentang

Balita di Banyuwangi Meninggal Karena AIDS

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/11/balita-di-banyuwangi-meninggal-karena.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Balita di Banyuwangi Meninggal Karena AIDS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Balita di Banyuwangi Meninggal Karena AIDS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger