Presiden SBY Terus Monitor Rupiah

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 12.43

SURYA Online, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus memonitor perkembangan nilai tukar rupiah dan aktivitas regional seiring dengan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar AS beberapa waktu terakhir.

"Presiden terus memonitor nilai tukar rupiah, perkembangan aktivitas ekonomi regional, dan ... terus meminta para menteri fokus bekerja untuk menyukseskan reformasi struktural, yang tidak hanya terkait nilai tukar rupiah, namun juga memberikan stimulus kepada dunia usaha, serta mempertahankan daya beli masyarakat," kata Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah di Jakarta, Jumat malam (29/11/2013).

Pemerintah, kata dia, tetap melakukan koordinasi dengan otoritas moneter, pengawas industri keuangan, penjamin simpanan dan Bank Indonesia.

Sebelumnya Menteri Keuangan Chatib Basri mempercayakan upaya stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, yang mengalami pelemahan dalam beberapa hari terakhir, sepenuhnya kepada Bank Indonesia sebagai otoritas moneter.

Chatib mengatakan apapun kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia terkait pelemahan rupiah, akan membantu menciptakan sentimen positif kepada para pelaku pasar.

Menurut dia, nilai rupiah tidak akan terlalu lama mengalami pelemahan, dan dalam jangka waktu singkat, rupiah akan kembali menguat untuk mencerminkan kondisi fundamental perekonomian saat ini.

Chatib juga mengatakan nilai rupiah akan kembali relatif stabil, setelah pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) terkait angka laju inflasi dan neraca perdagangan pada Senin (2/12/2013) yang diprediksi makin membaik.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, pada Jumat pagi, belum bergerak nilainya atau stagnan di posisi Rp12.018 per dolar AS, meskipun sempat menguat 46 poin menjadi Rp11.981 per dolar AS. (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

Presiden SBY Terus Monitor Rupiah

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/11/presiden-sby-terus-monitor-rupiah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Presiden SBY Terus Monitor Rupiah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Presiden SBY Terus Monitor Rupiah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger