Mulai Malas Baca Buku Cetak? Nih, Baca Dulu Empat Manfaatnya

Written By Unknown on Minggu, 12 April 2015 | 12.42

SURYA.co.id | SURABAYA - Buku di zaman sekarang tidak lagi terbatas berupa huruf-huruf yang tercetak di lembaran kertas.

Seiring berkembangnya teknologi, beredar buku dalam versi digital atau disebut e-book.

Padahal, masih ada beberapa keuntungan jika tetap setia membaca tulisan dalam bentuk cetakan.

Mereka yang membaca e-book, pada akhirnya akan membaca buku sama versi cetakan. Nah, apa saja manfaat membaca buku cetak ini?

Meningkatkan kecerdasan
Semakin banyak membaca, semakin banyak hal dan tempat yang diketahui. Mulailah kebiasaan positif ini sejak kecil. Buku-buku anak membuka wawasan kata bagi si kecil 50 persen lebih banyak dibanding siaran televisi, atau bahkan percakapan antar mahasiswa lulusan universitas.
Itulah hasil riset Universitas California, Berkeley, AS. Bisa dibayangkan betapa besar manfaat buku ini. Kosakata yang banyak selain membuat nilai anak di mata pelajaran bahasa menjadi baik, juga tes intelijensia pada umumnya. Selain itu, kecepatan mata membaca e-book lebih rendah 20 hingga 30 persen dibanding membaca buku cetak.

Memperkuat daya otak
Otak semakin terlatih dengan kebiasaan membaca buku cetak sehingga memperlambat seseorang menjadi pikun. Di samping itu, ingatan menjadi tajam. Sebuah penelitian mengatakan, latihan otak secara rutin akan mengurangi penurunan mental sampai 32 persen.

Memupuk rasa empati
Fiksi sastra membantu pembacanya mengerti apa yang orang lain pikirkan hanya dengan membaca emosi orang tersebut. David Comer Kidd dan Emanuele Castano, pelaku penelitian ini, mengatakan, mampu memahami emosi orang lain menjadi keterampilan penting untuk membentuk hubungan sosial yang rumit.

Terhindar stres
Peneliti di Universitas Sussex, Inggris, menuturkan membaca bisa mengurangi stres hingga 68 persen. "Tak masalah buku apa yang sedang dibaca, ketika terbawa emosi dalam untaian kalimat itu, Anda akan terhindar dari perasaan khawatir dan stres karena urusan dunia setiap hari," papar David Lewis, pakar psikologi syaraf kognitif. (telegraph)

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Mulai Malas Baca Buku Cetak? Nih, Baca Dulu Empat Manfaatnya

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2015/04/mulai-malas-baca-buku-cetak-nih-baca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mulai Malas Baca Buku Cetak? Nih, Baca Dulu Empat Manfaatnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mulai Malas Baca Buku Cetak? Nih, Baca Dulu Empat Manfaatnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger