Petani Rasakan Keuntungan Transplanter

Written By Unknown on Kamis, 08 Januari 2015 | 12.43

SURYA Online, LAMONGAN - Sejak tahun lalu petani di Desa Brangsi, Kecamatan Laren merasakan manfaat transplanter, alat bertanam padi dengan menggunakan mesin. Mesin tanam bantuan pemerintah itu diberikan dalam rangka modernisasi pertanian di Lamongan.

"Seharusnya bantuan alat seperti ini bisa diperbanyak lagi. Karena buat kami petani manfaatnya sangat besar, terutama dalam hal memotong ongkos tanam padi, "ungkap Sumardi (42), petani setempat kepada Surya, Kamis (8/1/2015).

Sumardi menambahkan, dengan menggunakan transplanter, hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikan pekerjaan menanam padi di atas areal seluas 1/7 hektare dan mengehmt biaya.

"Biaya sewa Rp 250.000 itu sudah mencakup semua, termasuk tenaga operator hingga bibit padi," ungkapnya.

Jika tanpa transplanter, dengan luas sawah yang sama, dibutuhkan 10 kilogram benih seharga sekitar Rp 130.000. Kemudian harus melalui proses ndaut, istilah Jawa untuk mencabut bibit padi dari persemaian yang membutuhkan tenaga tiga orang dengan ongkos Rp 70.000/orang.

Setelah itu baru bisa dilakukan penanaman padi, itupun masih harus menggunakan 5 orang tenaga buruh lagi dengan ongkos Rp 40.000 per orang. "Belum lagi kalau sedang musim tanam. Kami sering harus antri berhari-hari untuk mendapatkan buruh tanam, " ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo menyebutkan, Tahun 2014. Lamongan memberi bantuan 10 unit transplanter. Diantaranya untuk petani Desa Brangsi Kecamatan Laren, Desa Karangtinggil Kecamatan Pucuk dan Desa Rancangkencon Lamongan.

"Melihat manfaat transplanter bagi modernisasi pertanian di Lamongan, Bupati berencana akan meningkatkan jumlah bantuannya," katanya seraya menambahkan Tahun 2015 akan menyerahkan bantuan 54 unit transplanter.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Petani Rasakan Keuntungan Transplanter

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2015/01/petani-rasakan-keuntungan-transplanter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Petani Rasakan Keuntungan Transplanter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Petani Rasakan Keuntungan Transplanter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger