Ekstrak Kayu Secang Antar Dwi ke Penghargaan Menkes

Written By Unknown on Minggu, 04 Januari 2015 | 12.42

SURYA Online, SURABAYA-Kesibukan Dwi Krihariyani, SPd, SSi MKes sebagai dosen sekaligus Kepala Program Diploma (Kaprodi) D III Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Surabaya, tak membuatkan melupakan dunia penelitian (research). Bahkan kepeduliannya terhadap penggunaan tanaman maupun bahan-bahan herbal yang natural untuk meningkatkan kesehatan, berhasil mengantarkan ibu dua anak ini meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan (Menkes).

Salah satu penelitiannya, yang berjudul "Efek Pemberian Ekstrak Kayu Secang Terhadap Aktivitas Intraseluler Salmonellatyphi" menjadikan Dwi, panggilan Dwi Krihariyani mendapatkan Nominator Dosen Politeknik Kesehatan Berprestasi Di Lingkungan Kementrian Kesehatan tahun 2014. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, beberapa waktu lalu.

Menurut Dwi, Kayu Secang yang dalam bahasa latinnya caesalpinia sappan L, merupakan suplemen makanan penguat sistem imun. Meski saat ini banyak obat kimia yang menawarkan kekebaan tubuh dari penyakit, namun tetap saja ada efek samping dari bahan tersebut.

"Nah dalam penelitian ini saya mengajak masyarakat kembali ke alam dengan mengonsumsi kayu secang sebagai penguat imun tubuh," ujarnya, Minggu (4/1/2015).

Wanita kelahiran Lumajang, 9 Desember 1970 ini menjelaskan, mengonsumsi air minuman dari hasil rebusan kayu secang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam minuman ini mengandung kimia alami, yakni asam galat, tannin, resin, resorcin, brazilin, brasilliean, d-alfa-phellandrene, oscimene dan minyak atsiri.

Selain itu, serutan Kayu Secang juga dapat dibuat minuman seperti teh yang berkhasiat untuk menguatkan lambung dan mengobati diare dan disentri.

"Tak hanya itu saja, nyeri akibat gangguan sirkulasi darah juga dapat diobati dari minuman yang berasal dari serutan Kayu Secang," jelas ibu dari Putri Rachmah Irfa'Rani (16) dan Daffa' Muhammad Ilham Atha (9).

Untuk itu, sebagai dosen, Dwi mengimbau sesibuk apapun aktivitas yang dijalani, harus tetap meluangkan waktu untuk melakukan penelitian yang berpengang pada prinsip Tridharma Perguruan Tinggi.

"Dengan begitu, kegiatan penunjang yang kita lakukan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk menunjang bidang kesehatan," pungkasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekstrak Kayu Secang Antar Dwi ke Penghargaan Menkes

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2015/01/ekstrak-kayu-secang-antar-dwi-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekstrak Kayu Secang Antar Dwi ke Penghargaan Menkes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekstrak Kayu Secang Antar Dwi ke Penghargaan Menkes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger