DKR : Perbaiki Prosedur Layanan Untuk Pasien BP JS

Written By Unknown on Sabtu, 17 Januari 2015 | 12.42

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Budi Santoso (40) bukannya tanpa usaha. Sebelumnya dengan didampingi LSM Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Budi sudah diajak menemui para pemangku kesehatan di Pemkab Tulungagung. Namun ada yang tidak bisa memberikan solusi.

Budi berencana mengadu Bupati Tulungagung M Syahri Mulyo.

"Kami berharap bisa menyampaikan keluhan pada Pak Bupati. Orang miskin seharusnya tetap mendapat layanan gratis," ujarnya

Koordinator DKR, Arif Witanto yang setahun mendampingi pasien BPJS menilai kebijakan kartu aktif setelah sepekan penerbitan ini, paling banyak dikeluhkan.

Selama setahun ia sudah mendampingi lebih dari 1.000 pasien.

"Keluhan soal masa aktif kartu ini cukup banyak. Banyak warga miskin yang tidak ditanggung BPJS. Mereka harus menjadi pasien umum, dan membayar dengan uang pribadi," katanya.

Keluhan lainnya adalah prosedur layanan satu hari hanya satu poli.

Kebijakan ini sangat menyulitkan masyarakat yang mempunyai beberapa penyakit sekaligus.

Misalnya pasien dengan keluhan jantung dan sakit perut karena muntaber.

Tidak mungkin dua penyakit tersebut bisa ditangani sekaligus. Pasien harus mencari rujukan untuk penyakit jantungnya.

Keesokan harinya harus mencari rujukan lagi untuk penyakit muntebernya.

"Kalau seorang pasien punya tiga penyakit sekaligus, apa bukan namanya menyiksa. Kenapa tidak sekali layanan medis, semua penyakit langsung diobati," keluhnya.

Selain itu, prosedur layanan terlalu kaku. Contohnya, pasien anak yang menderita panas baru dapat diterima di IGD jika suhunya mencapai 40 derajat Celsius. Kurang dari itu pasien ditolak dan diarahkan ke poli.

Prosedur rujukan itu tetap diberlakukan pada pasien dalam kondisi darurat.

Tanpa rujukan, pasien akan dikembalikan ke fasilitas kesehatan (faskes) awal.

"Kalau yang dikejar prosedur, bisa-bisa pasien meninggal setelah semua prosedur terpenuhi. Cara berpikirnya seharusnya diubah, bahwa yang paling penting pasien harus diselamatkan. Prosedur menyusul," ucapnya kesal. (day/ben/idl)

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

DKR : Perbaiki Prosedur Layanan Untuk Pasien BP JS

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2015/01/dkr-perbaiki-prosedur-layanan-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DKR : Perbaiki Prosedur Layanan Untuk Pasien BP JS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DKR : Perbaiki Prosedur Layanan Untuk Pasien BP JS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger