Provider Berebut Karya Mahasiswa Jatim

Written By Unknown on Minggu, 02 November 2014 | 12.42

SURYA Online, SURABAYA - General Manager Telkomsel Sales Regional Jawa Timur, Agustiyono menyebutkan, ekosistem digital dan pengguna internet di Indonesia tumbuh sangat cepat.  

"Ini menjadi prospek sekaligus tantangan besar bagi perusahaan seluler, terutama kami yang merupakan satu satunya perusahaan seluler milik negara," kata Agustiyono.

Satu di antara prospek yang menjanjikan industri aplikasi baru. Ini terutama yang banyak dillakukan kaum muda, khususnya para mahasiswa yang memang melek dengan perubahan gaya hidup.

Beragam aplikasi bisa muncul dari anak-anak muda itu setiap bulan.

Biasanya,berhubungan dengan segmen anak muda seperti game, desain, dan fotografi.  Tidak sedikit pula aplikasi edukatif.

Sejumlah perusahaan seperti Telkomsel pun berlomba mewadahi potensi mereka dengan membuat wadah di kampus-kampus yang potensial seperti ITS, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.

"Kami juga memberikan pelatihan-pelatihan yang ada hubunganya dengan kreativitas digital komunitas kampus. Kami juga berupaya membantu agar karya para pelaku ekosistem digital bisa dipasarkan di dunia nyata sehingga diharapkan dapat bersaing dengan hasil karya para ekosistem dunia lain," lanjutnya.

Telkomsel untuk membantu promosi dan pemasaran aplikasi buatan pengembang lokal  melalui program TemanDev.

Namun program ini masih dalam tahap sosialisasi sekaligus pembinaan bagi pengembang-pengembang pemula.

"Harapannya sih hasilnya bisa bersaing dalam ekosistem digital global," pungkasnya.

Yang terbaru, awal Oktober 2014 silam Telkomsel menggelar program Indonesia Next Apps.

Bekerja sama dengan Samsung, program ini mengidentifikasi developer lokal yang inovatif di Indonesia dan membantu mempercepat pengembangan mereka dalam mendapat akses ke tingkat regional.

Start-up yang dipilih di program ini akan memiliki kesempatan untuk dipasarkan aplikasinya oleh SingTel (Singapura) , Optus (Australia) , AIS (Thailand) , Globe Telecom (Filipina) , dan Telkomsel (Indonesia) di pasar masing-masing.

"Sebagai operator yang memiliki visi untuk menjadi penyedia layanan mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, kami yakin program kerjasama dengan Samsung  ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan ekosistem digital di Indonesia," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu melalui pernyataan tertulis.

"Diiperlukan kolaborasi yang menyeluruh antara tiga hal penting, yaitu device, network dan applications. Lewat program ini pun kami ingin mendorong developer lokal di Indonesia untuk dapat menembus pasar regional," lanjutnya.

Indonesia Next Apps sendiri sukses menjaring sebanyak 147 aplikasi dari 90 developer lokal.

Dari ratusan aplikasi itu, tujuh finalis telah dipilih berdasarkan ide, model bisnis, desain user interface dan user experience (UI/UX), problem solving untuk market, cara monetize, dan lain sebagainya.

Pemenang utama kompetisi ini berhak ikut serta dalam Startup Mentorship Programmed, yakni program kolaborasi dengan SingTel, dan didaftarkan untuk mengikuti Singtel Group - Samsung Regional Mobile App Challenge.

Selain itu, aplikasinya juga akan dipromosikan di program bundling Telkomsel dan di Samsung Galaxy Apps.

Selain Telkomsel, operator-operator swasta lainnya juga memburu kue yang sama.

PT XL Axiata Tbk atau XL, belum lama ini menggelar workshop Hackaton untuk mendorong kualitas aplikasi lokal agar mampu bersaing di pasar digital.

Mereka juga telah membuat layanan Gudang Aplikasi, yakni toko digital yang membantu upaya penjualan aplikasi-aplikasi buatan developer lokal.

Sementara Indosat, salah satunya juga menggeber program Ideabox, yakni program akselerator start up yang merupakan hasil kerja sama Indosat dan Mountain SEA Ventures.

Ideabox merupakan ikubator bagi para start up digital di Indonesia. (ben)

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Provider Berebut Karya Mahasiswa Jatim

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/11/provider-berebut-karya-mahasiswa-jatim.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Provider Berebut Karya Mahasiswa Jatim

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Provider Berebut Karya Mahasiswa Jatim

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger