Tidur Tanpa Menghapus Make Up, Apa Yang Terjadi?

Written By Unknown on Jumat, 10 Oktober 2014 | 12.42

SURYA Online, SURABAYA – Anda pasti pernah kelupaan menghapus riasan alias makeup sebelum tidur, kan?

Kalau cuma sekali dua kali, ketiduran tanpa membersihkan sisa-sisa foundation dan bedak rasanya tak apa-apa. Namun, benarkah hal itu?

Jawabannya, salah. Ternyata kemalasan bisa berdampak buruk pada kulit. Benar, meski ini hanya terjadi sesekali.

"Semakin sering tidur dengan mengenakan riasan , semakin besar kerusakan yang diderita kulit," ujar dermatologis Jeannate Graf, MD.

Menurut Graf, kulit sama seperti bagian tubuh yang lain, berfungsi dengan sirkulasi tetap.

"Di malam hari, kulit melakukan regenerasi. Mengenakan riasan dan foundation saat proses ini terjadi bisa berpengaruh pada regenerasi kulit, membuat kulit rusak," ujar Jeannate lagi sambil menambahkan, meski ini hanya terjadi sesekali namun dampak negatif ini tetap memberi pengaruh ke kulit.

Riasan apa saja yang berefek buruk ke kulit wajah bila Anda lupa menghapus sebelum tidur?

Foundation
"Foundation biasanya bersifat tebal dan menjadi dasar riasan lain di wajah selama sehari penuh," ujar Jeannate. Partikel-partikel dan pigmen besar ini akan terpecah setelah seharian dipakai. Ditambah, alas bedak sudah pasti terekspos dengan proses metabolisme, bersentuhan dengan polusi, bakteri, debu, dan kuman dari udara luar. Semua ini akan menghambat proses mikrocirculation yang terjadi saat kulit memperbaharui diri. Hal ini berefek pada kolagen yang pecah, yang bisa menimbulkan kerutan dan sumbatan di pori-pori. Sumbatan ini bisa membuat bakteri bersarang dan menjadikannya jerawat.

Krim wajah
Krim wajah juga berpotensial merusak kulit, tergantung cara penggunaannya. "Bila krim sudah dipakai seharian, tentu bisa berbahaya bagi kulit. Tapi bila krim dipakai para kulit yagn baru dibersihkan sebagai pelembab, maka tak apa-apa," ujar Jeannate.

Lipstik
"Tidur dengan lipstik jenis apapun akan menghasilkan bibir kering dan pecah-pecah," ujar Jeannate. Bila biasa menggunakan lipstik dengan pigmen tinggi, gosok bibir dengan pembersih sebelum tidur, lalu berikan lip balm yang banyak untuk membantu bibir kembali lembap.

Maskara
Ingin tidur namun tetap bergaya dengan bulu mata lentik? Hentikan kebiasaan ini. "Partikel dalam maskara mengghambat folikel bulu mata dan melukai rambut, sama seperti riasan merusak kulit," ujar Jeannate. Bila terjadi iritasi, kerusakan maskara bahkan bisa merambat ke mata.

LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Tidur Tanpa Menghapus Make Up, Apa Yang Terjadi?

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/10/tidur-tanpa-menghapus-make-up-apa-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tidur Tanpa Menghapus Make Up, Apa Yang Terjadi?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tidur Tanpa Menghapus Make Up, Apa Yang Terjadi?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger