Aura Mistis Goa Randangan

Written By Unknown on Jumat, 10 Oktober 2014 | 12.42

Oleh : Nikodemus Bona
Peserta PPG SM-3T Universitas Negeri Malang
marchb25@gmail.com

GOA Randangan merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di pulau Kabaruan. Tepatnya di Desa Damau Bowone, Kecamatan Damau, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Goa ini berada di salah satu gugusan dari beberapa gugusan pulau-pulau yang berada di ujung utara Indonesia.

Untuk bisa ke goa bersejarah ini dibutuhkan waktu sekitar lima jam. Dari ibu kota kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Melonguane, kita bisa menggunakan motor laut atau speedboat menuju pelabuhan Mangaran di pulau Kabaruan dengan waktu tempuh dua sampai tiga jam. Ongkos untuk bisa sampai ke pelabuhan tersebut bervariasi, yaitu Rp 45.000 per orang kalau menggunakan motor laut dan Rp 70.000 per orang kalau menggunakan speedboat.

Bila sampai di pelabuhan Mangaran, kita kemudian menggunakan angkutan umum menuju Desa Damau Bowone yang ada di Kecamatan Damau dengan ongkos sewa Rp 20.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Tiba di desa tersebut, kita bisa meminta bantuan warga setempat untuk mengantarkan ke goa Randangan.

Jaraknya tidak jauh dari permukiman penduduk. Hanya membutuhkan waktu lima menit dari kantor camat Damau untuk mencapai tempat tersebut dengan berjalan kaki. Tidak ada ongkos masuk ke tempat tersebut alias gratis bagi siapa saja yang berkunjung. Warga setempat memandang goa Randangan sebagai tempat keramat bagi warga desa pulau Kabaruan karena di goa tersebut terdapat puluhan tengkorak kepala, ratusan tulang belulang, serta pecahan barang-barang antik dari masa lampau, seperti guci dan mangkuk.

Warga desa setempat meyakini bahwa tengkorak dan pecahan-pecahan barang berharga tersebut merupakan milik para misionaris dari Portugal yang datang ke Pulau Kabaruan untuk menyebarkan agama Kristen. Para tetua adat di desa tersebut menuturkan, dulunya setiap orang yang berkunjung ke goa tersebut, wajib pasalnya untuk tidak membuang ludah sembarangan, buang sampah, dan mengeluarkan kata kotor. Kalau melanggar, si pelanggar akan jatuh sakit sepulangnya dari tempat tersebut. Namun, pada saat ini hal tersebut tidak berlaku lagi.

Goa Randangan ini merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah yang ada di kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Namun sayang perhatian yang kurang dari pemerintah daerah menjadikan situs ini hanya menjadi tempat bersejarah yang terabaikan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Aura Mistis Goa Randangan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/10/aura-mistis-goa-randangan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aura Mistis Goa Randangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aura Mistis Goa Randangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger