Memahami K13, Dimana Peran Orang Tua Siswa

Written By Unknown on Senin, 15 September 2014 | 12.42

SURYA Online, MOJOKERTO - Jika di Kabupaten Mojokerto mempercayakan pemahaman kurikulum 2013 atau K13 dengan pelatihan intensif, di Kota Mojokerto harus lebih telaten.

Selain diikutkan pelatihan, para guru di Kota Mojokerto juga harus didampingi untuk beberapa waktu ke depan. Sebab, hampir semua guru di kota ini juga masih buta K13.

Pengawas TK/SD Kota Mojokerto Endang menyatakan bahwa hampir semua guru di wilayahnya sudah mendapat sosialisasi tentang K13.

"Namun perlu semacam pendalaman untuk menguasai K13. Tentu penguasaan guru yang satu dengan yang lain tidak sama. Kami sekarang harus rajin-rajin mendampingi ke sekolah," kata Endang.

Tapi sampai kapan pendampingan ini harus dilakukan. Mengingat, kurikulum ini sudah harus diterapkan di setiap bidang pengajaran. Endang memang kerap memberi bimbingan teknis terkait K13. Tidak hanya guru, orang tua pun harus diberi pemahaman akan kurikulum yanh memprioritaskan kemampuan dan karakter siswa ini.

"Dalam pelaksanaannya diakui masih banyak guru yang belum bisa menerapkan K13. Makanya kami sekarang gencar turun untuk melakukan bimbingan dan pendampingan ke sekolah-sekolah. Semua menuntut kreativitas guru," kata Endang.

Menurut Endang, kurikulum baru ini juga harus melibatkan orang tua secara intensif.

Misalnya, kalau ada teori bahwa bumi itu berputar. Selama ini, siswa tidak tahu berputarnya seperti apa.

Sekarang, pendekatannya scientific, jadi anak disuruh mencoba, praktek dan menyelidiki sampai akhirnya bisa menyimpulkan sendiri bagaimana berputarnya.

Orang tua harus mendorong dan memberi fasilitas penunjang di rumah. Seperti menyediakan akses internet. Kemudian orang tua harus mendampingi dan ikut membimbing anaknya agar bisa menyesuaikan dengan K13.

"Siswa dituntut aktif, tanggung jawab dan kerja sama. Penilainnya juga otentik, saat proses dan hasil. Ada penilaian sikap dan pengetahuan," kata Endang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Memahami K13, Dimana Peran Orang Tua Siswa

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/09/memahami-k13-dimana-peran-orang-tua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Memahami K13, Dimana Peran Orang Tua Siswa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Memahami K13, Dimana Peran Orang Tua Siswa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger