Sebanyak 281 Warga Binaan Lapas II B Kota Pasuruan Antusias Mencoblos

Written By Unknown on Rabu, 09 Juli 2014 | 12.42

SURYA Online, PASURUAN - Sebanyak 281 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Kota Pasuruan menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden 9 Juli 2014, di TPS 20 B Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Mereka tampak antusias mengantri di TPS yang berada di dalam penjara itu.

Seorang warga binaan bernama Dicky Wijaya (40) misalnya. Pria berkacamata ini mengaku, baru mencoblos sekali ini dalam hidupnya. Pada pilpres maupun pileg tahun-tahun sebelumnya, dirinya sama sekali tidak menggunakan hak pilihnya.

Dicky mengatakan, pada pilpres kali ini dirinya memang sudah menunggu waktu pencoblosan. Dia melihat, satu di antara dua calon presiden kali ini ia anggap mampu untuk membawa perubahan yang baik terhadap Indonesia kedepan.

"Saya berharap akan ada perubahan dengan pemimpin baru kita yang terpilih nanti. Sebab kita tahu sistem hukum di Indonesia ini bobrok dan semrawut. Dengan memberikan suara, saya berharap akan ada perubahan," kata pria yang tinggal beberapa bulan lagi akan bebas ini.

Sementara itu, Kepala Lapas II B Kota Pasuruan, Winarsangka menuturkan warga binaan di lapas sebelumnya sudah mendapatkan sosialisasi dari KPU Kota Pasuruan. Pihak lapas juga telah mengimbau kepada seluruh warga binaan yang sudah memenuhi syarat, untuk menggunakan hak pilihnya.

"Mereka tampak antusias sekali. Sebab hari ini merupakan penentu arah Indonesia yang baru kedepannya nanti," terang Winarsangka.

Ketua KPPS Julio Dacosta menuturkan, dari jumlah total warga binaan sebanyak 321 orang, yang terdaftar di DPT dan DPTB sebanyak 281. Sedangkan yang tidak terdaftar di DPT maupun di DPTB dan tidak dapat mencoblos sebanyak 40. Terdiri dari 38 warga binaan dewasa, dan 2 warga binaan yang masih anak-anak.

"Mereka yang tidak bisa mencoblos, karena mereka juga tidak terdaftar di tempat asal. Kalau mereka terdaftar di tempat asal, pasti kami bisa daftarkan di sini," kata Dacosta.

Ia menambahkan, berbeda pada saat pileg, di DPT 20 di Lapas II B Kota Pasuruan dibagi menjadi dua, yakni DPT 20 A dan DPT 20 B. Untuk DPT 20 A digunakan untuk warga sekitar Kelurahan Purworejo dan juga pegawai lapas. Sementara DT 20 B digunakan untuk warga binaan.

"Seolah-olah adadua DPT, tapi cuma satu. Kita bedakan aja kali ini, karena DPT-nya bertamabah. Berbeda pada saat pileg kemarin yang hanya sedikit DPT-nya," tambahnya. (rbp)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sebanyak 281 Warga Binaan Lapas II B Kota Pasuruan Antusias Mencoblos

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/07/sebanyak-281-warga-binaan-lapas-ii-b.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sebanyak 281 Warga Binaan Lapas II B Kota Pasuruan Antusias Mencoblos

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sebanyak 281 Warga Binaan Lapas II B Kota Pasuruan Antusias Mencoblos

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger