Ke Pulau Penyu Sambil Intip Biota Laut

Written By Unknown on Sabtu, 16 November 2013 | 12.43

SURYA Online, SURABAYA - Mengunjungi Pulau Dewata yang dikenal dengan banyak sekali tempat wisatanya membutuhkan penjadwalan tersendiri agar tempat yang menarik dan harus dikunjungi tidak terlewatkan.

Sebuah tempat yang tak boleh dilewatkan jika pelesir ke Pulau Bali adalah Tanjung Benoa. Kawasan yang terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini hampir didominasi dengan wisata pantainya. Nah ketika berada di Tanjung Benoa ini ada tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Deluang Sari, atau dikenal dengan Pulau Penyu.

Pulau Penyu ini ada terletak di sebuah dataran timbul yang terbentuk alami. Suasana disini cukup alami karena  dikelilingi hutan bakau, pantai berpasir putih dengan air yang tenang. Dipilihnya lokasi penangkaran penyu disini karena lokasi tersebut cukup sesuai untuk penangkaran penyu. Saat air pasang, penyu-penyu dapat berinteraksi dengan habitat aslinya dengan dipagari oleh pembatas sehingga tidak lepas.

Untuk mencapai Pulau Penyu memakan waktu kurang lebih sekitar 15 hingga 30 menit , dari pantai Tanjung Benoa, ditempuh dengan speed boat glass bottomed, yaitu kapal boat yang dibawahnya beralaskan kaca sehingga dapat melihat ikan ikan di bawah laut, yang berkapasitas 8 hingga 10 orang.

Untuk biaya perjalanan cukup bervariasi, pada umumnya penyewaan perahu ini tergolong cukup murah karena dapat ditanggung beramai-ramai atau secara rombongan. Ketika dalam perjalanan penumpang kapal boat ini dapat melihat keindahan biota laut. Bahkan saat berada di tengah laut kapal boat ini sengaja berhenti untuk memberikan kesempatan penumpang kapal menyaksikan keindahan ikan ikan dan biota laut.

Puas melihat-lihat dan memberi makan biota laut tersebut, speed boat pun dipacu kencang menuju mencapai Pulau Penyu.

Sampai di Deluang Sari speed boat pelan pelan mendekati pantai. Karena tidak ada dermaga khusus, penumpang wajib untuk melepas sepatu bila tidak ingin basah karena air laut. Setelah itu pengunjung bisa bebas masuk untuk melihat langsung penangkaran aneka penyu dan hewan lainnya.

Ternyata di Pulau Penyu ini bukan hanya Penyu yang ditangkarkan karena ada hewan lain seperti kura-kura, ular, burung rangkong, dan beberapa jenis burung-burungan, buaya kecil, jalak bali, elang putih dan sejumlah mamalia lainnya .

"Silahkan pegang dan angkat seperti ini, ayo seperti ini pegangnya," ujar seorang guide memeragakan cara mengangkat penyu yang benar. Banyak wisatawan yang memegang penyu mulai dari yang kecil hingga yang besar untuk sekedar foto.

Menurutnya, dulunya keberadaan penyu di Pulau Bali ini sering diburu dan dagingnya untuk dikonsumsi, sehingga beberapa hampir punah seperti Penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, penyu pipih sekarang ini ditangkar di Pulau Penyu Deluang Sari. Di bagian akhir tempat konservasi ini juga ada rumah makan serta tempat berfoto dengan burung-burungan, ular dan beberapa jenis hewan lainnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ke Pulau Penyu Sambil Intip Biota Laut

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/11/ke-pulau-penyu-sambil-intip-biota-laut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ke Pulau Penyu Sambil Intip Biota Laut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ke Pulau Penyu Sambil Intip Biota Laut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger