Jepang Tahan Belanda 2-2

Written By Unknown on Minggu, 17 November 2013 | 12.42

SURYA Online, BELGIA - Duel bertajuk uji coba mempertemukan dua kekuatan utama Eropa dan Asia yang terwakili oleh Belanda dan Jepang. Berlangsung di Crystal Stadium, Genk, Belgia, kedua negara tampak saling berksperimen dengan taktik mereka sapanjang jalannya laga.

Belanda yang tak dapat diperkuat Robin van Persie karena cedera menempatkan Siem De Jong sebagai penggantinya. Sementara pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni, tidak menempatkan Yushito Endo dan Shinji Kagawa di starting XI.

Sejak sepakan awal, Negeri Kincir Angin langsung mendominasi jalannya laga. Kevin Strootman terlihat jadi pusat permainan melihat kuantitas sentuhan bolanya. Sementara Jepang tampak masih meraba kekuatan Belanda dan belum berani melakukan inisiatif.

Benar saja, De Oranje mampu membuka keunggulan kala laga baru berjalan 12 menit. Adalah kapten Hamburg SV, Rafael Van der Vaart yang jadi aktornya. Kesalahan komunikasi duo bek negeri Samurai, yakni Uchida dan Konno, mampu dimanfaatkan gelandang 29 tahun itu menjadi gol! Skor 1-0 untuk Belanda.

Unggul cepat tak membuat Arjen Robben cs mengendurkan serangan. Beberapa peluang yang berasal dari kaki Jermain Lens atau Robben sendiri, sempat mengancam gawang Kawashima. Sementara Jepang hanya mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke 32, gelombang serangan Jepang benar-benar membuat lini belakang Belanda kalang kabut. Dua sepakan keras berturut-turut dari Osako dan Ozaki masih tertahan tubuh Ron Vlaar. Belanda kemudian kembali memegang kendali. Sepakan kaki kiri khas Robben pada menit ke 34 membuat Nisikawa tampak luar biasa.

Sayang Nisikawa tak mampu melanjutkan aksi briliannya terhadap percobaan kedua Si Kaki Kaca pada menit ke 38. Tertinggal dua gol, Jepang baru menemukan reaksi yang tepat. Hanya berselang enam menit pasca gol Robben, Yuya Osako langsung mencatatkan namanya di papan skor usai menyelesaikan umpan manis Makoto Hasebe, 2-1 Belanda masih unggul.

Pada akhirnya kedudukan 2-1 untuk Belanda bertahan hingga paruh pertama usai. Alberto Zaccheroni tampaknya bakal menurunkan dua fantasistanya, yakni Endo dan Kagawa, untuk menambah daya gedor.

Paruh kedua dimulai, beberapa pergantian pemain dilakukan kedua kubu, terutama Jepang. Benar saja, dua fantasista mereka yakni Endo dan Kagawa masuk menggantikan Makoto Hasebe dan Hiroshi Kiyotake.

Gebrakan tak terduga pun dilakukan Tim Samurai biru. Secara luar biasa mereka mampu mendominasi laga secara mutlak. Merka benar-benar mengurung Negeri Kincir Angin. Beberapa blunder kerap dilakukan para punggawa lini belakang Belanda karenanya.

Hal itu jadi keuntungan buat Jepang. Pada menit ke 60, tanpa pikir panjang Keisuke Honda melepaskan spesialisasinya melaui tembakan keras dari sudut sulit. Cillesen yang tak banyak bekerja di babak pertama gagal menyelamatkan bola yang meluncur kencang ke dalam gawangnya. Secara luar biasa skor berubah menjadi imbang 2-2.

Emosi para pemain Belanda semakin tak karuan setelah kedudukan menjadi imbang, sebaliknya Jepang malah semakin percaya diri. Raja Asia itu bahkan nyaris berbalik unggul andai Cillessen tak tampil gemilang menghadang tembakan keras Kagawa pada menit ke 68.

Perlahan namun pasti, permainan kedua tim kembali berimbang. Serangan demi serangan silih berganti menggempur gawang kedua tim. Sepakan keras Strootman pada menit ke 79 yang mampu dikuasai Nisikawa, dibalas Kakitan dengan cara yang sama satu menit kemudian.

Duel berlangsung semakin krusial di masa injury time, namun tak ada gol yang terjadi. Skor imbang 2-2 jadi hasil akhir laga seru ini.

Susunan Pemain

Belanda: Cillessen; Janmaat, Vlaar, De Vrij, Blind; Strootman, N.de Jong, Van der Vaart; Robben, S.de Jong, Lens
Jepang: Nisikawa; Uchida, Konno, Yoshida, Nagatomo; Kiyotake, Hasebe, Honda, Yamaguchi; Osako, Okazaki


Anda sedang membaca artikel tentang

Jepang Tahan Belanda 2-2

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/11/jepang-tahan-belanda-2-2.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jepang Tahan Belanda 2-2

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jepang Tahan Belanda 2-2

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger