KPU Jatim: Formulir C1 Tak Ada Masalah

Written By Unknown on Sabtu, 10 Agustus 2013 | 12.42

SURYA Online, SURABAYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad mengatakan bahwa tidak ada masalah dalam formulir dan kelengkapan dokumen Pemilihan Kepala Daerah pada 29 Agustus 20113.  
    
"Semua sudah atas persetujuan yang bersangkutan. Saat belum dicetak, kami sudah menanyakan ke Pak Herman Sumawiredja dan bilang bahwa tidak ada masalah, asalkan nanti namanya diketik," ujarnya menanggapi protes kubu pasangan calon Chofifah-Herman karena namanya tidak masuk dalam formulir C1 di Surabaya, Sabtu (10/8/2013).
    
Formulir C1 adalah formulir hasil rekapitulasi suara di tempat pemungutan suara (TPS). Jadi, formulir ini baru dipakai nanti saat sesudah coblosan, tepatnya ketika mulai dilakukan penghitungan suara.
    
Dalam lembar tersebut hanya tertulis tiga nama pasangan calon. Yakni, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sudjana-M. Sihat, dan Bambang DH-Said Abdullah. Sedangkan di baris keempat, sengaja dikosongi.
    
Menurut Andry Dewanto, keputusan tersebut diambil sebagai bentuk kompromi karena memang ada tahapan pencetakan dan distribusi formulir-formulir kelengkapan Pilkada yang harus berlangsung antara 13 Juli hingga 13 Agustus.
    
"Nah, waktu yang diacu adalah keputusan KPU pada 14 Juli, yang saat itu menyatakan Khofifah tak lolos menjadi salah satu pasangan calon," katanya.
    
Namun dalam proses hendak mencetak dan dari sejumlah pernyataan pasangan Khofifah-Herman di media massa, mereka akan menggugat di PTUN dan DKPP. Tapi, lanjut Andry, pihaknya tak bisa menunda pencetakan formulir-formulir tersebut karena saat itu sudah masuk tahapannya.
    
"Kami kemudian berkoordinasi dengan pasangan Khofifah-Herman, yang saat itu diwakili oleh Pak Herman. Beliau bilang tidak ada masalah, asalkan nanti bila dinyatakan lolos, draft kosong di formulir tersebut diketik," katanya.
    
Mendapat lampu hijau seperti itu, KPU Jatim meneruskan pencetakan formulir. Sehingga, program senilai Rp2,5 miliar tersebut dilanjutkan seperti apa adanya. Hal inilah yang membuat Andry Dewanto heran sekarang dipermasalahkan, dan minta diulang.
   
"Semua prosedur sudah saya tempuh. Bahkan, sudah berkoordinasi dengan pasangan Khofifah-Herman, dengan bentuk kompromi seperti itu. Lalu, kenapa kok masih dipermasalahkan," kata mantan Ketua KPU Malang tersebut.  (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

KPU Jatim: Formulir C1 Tak Ada Masalah

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/08/kpu-jatim-formulir-c1-tak-ada-masalah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPU Jatim: Formulir C1 Tak Ada Masalah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPU Jatim: Formulir C1 Tak Ada Masalah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger