Modal Cangkrukan Raih Kursi Ketua Dewan

Written By Unknown on Sabtu, 04 Mei 2013 | 12.42

Sabtu, 4 Mei 2013 09:46 WIB | Dibaca: 96 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Nuraini Faiq

SURYA Online, MOJOKERTO - Satu lagi calon legislatif (caleg) sukses meraih kursi anggota Dewan dengan modal cekak. Mulyadi, kader Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku hanya habis sekitar Rp 70 juta saat memenangkan kursi DPRD Kota Mojokerto pada Pileg 2009.

Mulyadi percaya orang tidak mungkin sukses nyaleg tanpa modal uang sama sekali. Namun, ia meyakini uang bukanlah segala-galanya agar seseorang sukses menjadi anggota Dewan.

"Kedekatan dengan konstituen dan ketulusan memberikan harapan itulah yang paling penting. Kedekatan tak sepenuhnya bergantung dana," ucap Mul yang kini bahkan menjabat Ketua DPRD Kota Mojokerto, Kamis (2/5/2013).

Sosok Mulyadi bukan dari kalangan berada. Namun dia tampil sebagai peraih suara terbanyak saat Pileg 2009 lalu. Bahkan, salah satunya berkat dirinya, PAN yang sebelumnya hanya meraih dua kursi kini mampu mendapatkan lima kursi di parlemen. Mas Mul, sapaan akrabnya, akhirnya dipercaya jadi ketua Dewan. Sebab, wakil PAN terbanyak dari 25 kursi DPRD Kota Mojokerto.

Menurut Mul, caleg butuh uang karena salah satu tugasnya adalah mengumpulkan banyak orang. "Paling tidak kita membutuhkan uang untuk membelikan jajan untuk orang-orang," katanya. Sedangkan biaya paling besar bagi seorang caleg adalah pembelian alat promosi seperti kalender, kaus, spanduk atau baliho.

Namun biaya-biaya itu, menurut Mul, bisa ditekan jika sosok caleg tersebut memang bekerja keras dan cerdas dalam menangkap peluang. Alumnus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) jurusan Bahasa Inggris ini mempunyai strategi agar efektif dalam penggalangan massa. Caranya setiap bertemu satu atau dua orang, dia menggunakan kesempatan itu untuk memaparkan visi dan menjalin kedekatan.

"Meski bertemu satu atau dua orang, saya berlaku layaknya bertemu massa. Saya pun menyampaikan visi dan meleburkan suasana batin dengan setiap warga yang saya temui," katanya.Mul pun membutuhkan proses panjang, bukan cara instan, agar bisa merebut hati konstituen. Pria yang mantan akitivis buruh di Mojokerto ini tak kenal lelah mendekatkan diri kepada warga.

Mul tak terhitung sudah mengadvokasi dan memberikan pendampingan kepada warga yang kesulitan. Basis massa dibangun dari pergerakan. "Saya juga biasa cangkruan di mana-mana dan di tempat apa saja bersama warga. Selain murah juga efektif," kata pria kelahiran kelahiran 22 Februari 1972 ini.

Berita Selengkapnya Klik di Sini »

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

Modal Cangkrukan Raih Kursi Ketua Dewan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/05/modal-cangkrukan-raih-kursi-ketua-dewan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Modal Cangkrukan Raih Kursi Ketua Dewan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Modal Cangkrukan Raih Kursi Ketua Dewan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger