Fokus Garap Konferwil, Pilgub Hanya Jadi Agenda Ke-9 PWNU

Written By Unknown on Senin, 10 Desember 2012 | 12.42

Senin, 10 Desember 2012 12:15 WIB | Dibaca: 46 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Sudharma Adi

SURYA Online, SURABAYA - Meski Pilgub Jatim mulai menghangat, namun Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jatim tak jadi prioritas utama dalam agenda NU. PWNU Jatim saat ini lebih prioritas menggarap bidang-bidang andalan seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan penguatan organisasi. Selain itu, PWNU Jatim juga fokus persiapan  konferensi wilayah (konferwil) pada Mei 2013 mendatang.

Humas PWNU Jatim, Norhadi menjelaskan, dalam konferwil ada beberapa agenda penting yang bakal dibahas di antaranya adalah evaluasi kepengurusan PWNU Jatim periode 2008-2013. "Itu memilih kepengurusan baru dan menyusun program PWNU untuk lima tahun mendatang," jelasnya dalam rilis kepada Surya, Senin (10/12).

Dijelaskan, konferwil mendatang berdekatan dengan Pilgub Jatim 2013, sehingga NU Jatim sangat hati-hati dalam menyiapkan tempat dan pengurus NU se- Jatim. Kemungkinan disusupi isu-isu pilgub Jatim sangat kental.

"Namun, seperti komitmen NU tak akan pernah ikut campur soal politik praktis, karena perjuangan NU sebenarnya pada politik sosial masyarakat," ujarnya.

Adapun tempat konferwil sudah pasti diadakan di Pondok Pesantren. Sedangkan yang sudah mengajukan untuk ditempati dan siap menggelar kegiatan ini seperti Jember, Bangkalan, Tuban, Pacitan, Blitar, Jombang dan Malang. Saat ini sudah mulai baik secara lisan dan surat resmi mengajukan untuk ditempati. "Syarat terpenting bagi NU adalah tempatnya sanggup menjaga netralitasnya agar partai politik, pemerintah dan orang luar NU tak dapat ikut campur apalagi sampai mengatur agenda ini. Sedangkan PCNU Kota/Kabupaten bersangkutan juga merekomendasi kegiatan itu," paparnya.

Untuk itu, sudah pasti agenda pilgub bukan lagi prioritas utama dan bisa saja agenda ke-9 bagi NU Jatim. Bidang garap NU terlalu luas apabila hanya disangkutkan ke persoalan pilgub saja. NU lebih fokus menyatukan langkah para ulama dan pengikutnya serta melaksanakan amar ma'ruf nahi mungkar dalam kehidupan. "Bagi yang tidak tahu NU atau mengatasnamakan NU jangan sampai terjadi karena urusan politik, dengan berdalih khittah menyalahkan NU," katanya.

Ditambahkan, saat ini yang terpenting menjaga Ukhuwah Nahdhiyah,Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Insaniyah dan diutamakan bagi warga NU sehingga tidak saling menyalahkan. "Bagaimanapun, pekerjaan besar NU dalam urusan umat sudah menunggu," pungkasnya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

Fokus Garap Konferwil, Pilgub Hanya Jadi Agenda Ke-9 PWNU

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/12/fokus-garap-konferwil-pilgub-hanya-jadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fokus Garap Konferwil, Pilgub Hanya Jadi Agenda Ke-9 PWNU

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fokus Garap Konferwil, Pilgub Hanya Jadi Agenda Ke-9 PWNU

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger