Tiga Purnawirawan Dapat Bintang Gerilya di Hari Pahlawan

Written By Unknown on Sabtu, 10 November 2012 | 12.43

Sabtu, 10 November 2012 11:50 WIB | Dibaca: 81 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Adrianus Adhi

surya/adrianus adhi

Inspektur Upacara Hari Pahlawan Menkopolhukkam Djoko Suyanto menyematkan bintang gerilya pada tiga veteran perang Indonesia, Sabtu (10/11/2012).

SURYA Online, SURABAYA - Dua veteran perang pingsan dalam upacara bendera di lapangan Tugu Pahlawan, Sabtu (10/11/2012). Meski demikian upacara untuk memperingati Hari Pahlawan ini berlangsung khidmat.

Upacara bendera yang dimulai pada pukul 08.00 ini diikuti oleh berbagai komponen masyarakat. Mulai dari TNI/Polri, akademisi, para veteran perang dari berbagai daerah, anggota DPR kota dan provinsi, Mahasiswa, siswa dan berbagai tokoh masyarakat.

Hadir pula, mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, Pangdam V Brawijaya  Mayjen TNI Murdjito dan Bambang Soelastomo. Serta yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Menkopolhukam Djoko Suyanto.

Dalam amanatnya, Djoko berpesan peringatan hari Pahlawan yang mengambil tema 'Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera' ini diharapkan agar kita terus memupuk rasa cinta tanah air, dan pengorbanan untuk menjadikan Indonesia tetap jaya. "Semangat ini harus terus kita jaga," kata Djoko kala itu.

Dalam upacara kali ini juga diserahkan bintang gerilya dari Presiden RI pada tiga purnawirawan yaitu, M Muharyo Marjodipto, Serda Abdul Ghoni dan Serma Harsono. Selain itu, diserahkan pula tali kasih pada para veteran perang yang sempat diwarnai insiden seorang veteran pingsan.

Insiden ini sempat membuat Pakde Karwo dan Pangdam V Brawijaya Cemas. Mereka sempat turun ke panggung guna membopong veteran yang hendak diberikan tali asih itu ke pinggir lapangan. Veteran tersebut diketahui bernama Timbul yang berasal dari Jember.

Insiden veteran pingsan juga terjadi usai para peserta menyanyikan lagu mengheningkan cipta. Kala itu seorang peserta dari barisan purnawirawan perang sempat terjatuh dan dibopong ke pinggir lapangan.

Terlepas dari insiden tersebut, Peringatan 10 November yang dipusatkan di Surabaya untuk pertama kalinya ini berlangsung meriah dan khidmat. Berbagai lagu perjuangan serta pesan pahlawan yang sempat dibacakan di akhir upacara membuat semangat peserta upacara untuk tetap menyimak jalannya upacara sampai bubar.

Bahkan selepas upacara, banyak juga para peserta yang menyempatkan diri untuk berfoto bersama para veteran perang. "Selamat Hari Pahlawan bapak," kata Agung, staf pemerintah kota Surabaya seusai berfoto bersama Hartoyik, ketua legiun perang kota Surabaya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Purnawirawan Dapat Bintang Gerilya di Hari Pahlawan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/11/tiga-purnawirawan-dapat-bintang-gerilya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Purnawirawan Dapat Bintang Gerilya di Hari Pahlawan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Purnawirawan Dapat Bintang Gerilya di Hari Pahlawan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger