27 Mobil Karya Mahasiswa Adu Irit di Kenjeran

Written By Unknown on Jumat, 23 November 2012 | 12.42

Jumat, 23 November 2012 11:10 WIB | Dibaca: 110 | Editor: Suyanto | Reporter : Nuraini Faiq

SURYA/NURAINI FAIQ

KARYA ANAK BANGSA-Sebanyak 27 mobil karya mahasiswa dari 17 perguruan tinggi di Indonesia, Jumat (23/11/2012) memadati Sirkuit Kenjeran Surabaya untuk mengikuti pembukaan Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012 hari ini.

SURYA Online, SURABAYA - Sebanyak 27 mobil karya mahasiswa seluruh Indonesia Jumat (23/11/2012) mulai pukul 09.00 tadi memadati Sirkuit Kenjeran Surabaya. Mereka berasal 17 dari PTN dan PTS dari seluruh Indonesia. Dengan penuh bangga, mereka mengikuti pembukaan Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012 hari ini.

Selama tiga hari dan berakhir Minggu (25/11/2012) besok, puluhan tim dari mahasiswa tersebut akan diadu mobil irit nasional karya mereka. Mobil-mobil itu siap menaklukkan sirkuit Kenjeran dengan mengutamakan irit bahan bakar.

"Kami bangga dengan karya dan kreativitas mahasiswa. Sudah saatnya kita mandiri secara teknologi otomotif. Mahasiswa harus menjadi pelopornya," kata Widyo Winarso, perwakilan dari Dirjen Dikti Kemendikbud dalam pembukaan yang baru saja berakhir.

Semua pihak, pemerintah, akademisi, kampus, industri, dan semua elemen harus berpikir ke depan. Harus ada keberanian memajukan teknologi dalam negeri.

"Kalau dulu, lomba adalah pacuan atau mencari yang paling cepat. Sekarang irit-iritan dan ramah lingkungan. Suatu saat kita harus bisa mengembangkan teknologi otomotif dengan bahan bakar dari pipis, daun-daunan, atau inovasi lain," kata Widyo.

Selain dihadiri 27 tim mobil irit nasional, pembukaan tadi juga menghadirkan tim juri dari LiIPI, ITB, ITS, dan dunia industri. Pembantu Rektor I Prof Herman Sasongko yang mewakili Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono, menyampaikan kebanggannya atas IEMC 2012.

"Ini baru pertama kali IEMC digelar. Tapi semangat dan animo mahasiswa luar biasa. Ada dari Medan, Jakarta Yogyakarta, dan kota lain. Tempat riset ada di kampus. Sudah saatnya kita tunjukkan bahwa kita mampu," kata Herman.

Berikut peserta yang akan beradu hemat BBM dengan mobil karnya. Di antaranya dari UGM Yogyakarta, UI Jakarta, UNY (Univ negeri Yogyakarta), Politeknik TEDC Bandung, Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Jakarta, Unsri, USU, Untar, ITN Malang, UNS Solo, Polman Bandung, UMM (Unmuh Malang), Unibraw Malang, PENS, Politeknik Negeri Batam, dan Unesa Surabaya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

27 Mobil Karya Mahasiswa Adu Irit di Kenjeran

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/11/27-mobil-karya-mahasiswa-adu-irit-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

27 Mobil Karya Mahasiswa Adu Irit di Kenjeran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

27 Mobil Karya Mahasiswa Adu Irit di Kenjeran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger