BNN: Puluhan WNI Ditahan di China

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 12.43

SURYA Online, BEIJING - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengemukakan terdapat puluhan Warga Negara Indonesia yang ditahan di China, terkait kasus narkotika dan obat-obatan terlarang.

Direktur Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Benny Mamoto di Beijing, Rabu (24/10/2012) mengatakan sebagian besar WNI yang ditahan di China karena narkoba adalah wanita.

"Sebagian besar adalah wanita, yang banyak dijadikan kurir oleh sindikat narkoba di China," ungkapnya menambahkan.

Benny mengemukakan modus yang digunakan untuk menarik para wanita-wanita itu adalah iming-iming akan dinikahi dan diberi penghidupan yang layak.

"Yang lebih mengenaskan lagi, mereka biasanya dihamili terlebih dulu. Karena wanita hamil, yang tersangkut kasus narkoba tidak dihukum di sini, tetapi langsung dideportasi ke Indonesia," ungkapnya.

Berdasar data yang diterima ANTARA saat ini tercatat 41 WNI yang tersangkut kasus narkoba di China. Masing-masing sepuluh orang di Beijing dan 31 WNI di Guangzhou.

Berdasar UU Pidana China pasal 347 pelaku tindak pidana penyelundupan, penjualan, pemindahan dan pembuatan obat-obatan terlarang akan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atau hukuman penjara dengan termin tetap penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Menurut Kedutaan Republik Indonesia di Beijing, para WNI yang menjadi kurir ini pada umumnya mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang telah habis masa kerjanya dan ingin membawa uang lebih saat kembali ke Indonesia. Sindikat narkoba internasional biasanya memanfaatkan WNI wanita berusia 20-40 tahun yang berpenampilan menarik.

Mereka yang dimanfaatkan biasanya berkunjung seorang diri dalam waktu singkat kemudian bersinggungan dengan pihak-pihak yang berasal dari negara penghasil heroin atau narkoba jenis lain di Asia dan Amerika Latin.

Modus yang seringkali digunakan sindikat narkoba internasional adalah dengan mendaratkan kurir wanita di bandara kecil wilayah China. Biasanya, wanita yang dijebak sebagai kurir ini adalah mereka memiliki masalah rumah tangga dan dimanfaatkan sebagai pasangan oleh anggota sindikat yang beroperasi di dalam maupun di luar wilayah Indonesia dengan janji jaminan perlindungan keselamatan.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

BNN: Puluhan WNI Ditahan di China

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/10/bnn-puluhan-wni-ditahan-di-china.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BNN: Puluhan WNI Ditahan di China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BNN: Puluhan WNI Ditahan di China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger