Perbaikan Total Industri Strategis Pertahanan

Written By Unknown on Selasa, 30 Desember 2014 | 12.42

SURYA Online, JAKARTA - Presiden Joko Widodo ingin berbagai pihak terkait bersama-sama melakukan perbaikan secara total terhadap industri strategis pertahanan dalam negeri guna mencapai kemandirian Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista).

"Industri strategis pertahanan harus kita perbaiki secara total, baik daya saing maupun kapasitas produksi," kata Presiden Joko Widodo saat membuka Sidang Komite Kebijakan Industri Pertahanan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Menurut Presiden Joko Widodo, perbaikan secara total harus dilakukan di berbagai industri strategis pertahanan, seperti PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia (DI) dan PT PAL.

Dengan demikian, ujar dia, maka industri strategis pertahanan harus berjangka panjang dan bukan hanya dikelola dalam jangka waktu yang pendek atau hanya satu-dua tahun.

Selain itu, ia mengemukakan, agar industri pertahanan bisa lebih efisien agar dapat mengembangkan teknologi ganda, yaitu antara sipil dan militer. "Jadi industri bukan hanya untuk kebutuhan pertahanan tetapi juga untuk kebutuhan nonpertahanan," katanya.

Presiden Jokowi mencontohkan, misalkan produksi kapal perang dalam negeri, teknologinya dapat digunakan untuk mengembangkan produk kapal niaga.

Ia juga mengingatkan bahwa pekarangan rumah Republik Indonesia adalah laut karena merupakan negara lautan yang terdiri atas pulau-pulau.

Untuk itu, Jokowi juga ingin agar formasi kekuatan yang dominan agar dapat dikembalikan ke kebijakan kemaritiman. Selain itu, lanjutnya, hal tersebut jangan hanya diterjemahkan dengan kebijakan tol laut dan pembangunan pelabuhan.

"Tetapi yang paling penting dalam membenahi industri maritim dan galangan kapal, kita lakukan sendiri. Itu adalah hal yang paling penting. Tanpa itu, pemain luar yang akan dominan dan kita hanya akan jadi penonton," papar Presiden.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Perbaikan Total Industri Strategis Pertahanan

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/12/perbaikan-total-industri-strategis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perbaikan Total Industri Strategis Pertahanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perbaikan Total Industri Strategis Pertahanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger