Inggris Terbitkan Uang Logam Baru

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 12.43

SURYA Online, LONDON - Uang logam £1 baru yang dirancang untuk menjadi logam paling aman di dunia akan diterbitkan 2017.

Uang logam tersebut dirancang ditengah-tengah kekhawatiran pemalsuan uang logam yang saat ini digunakan dan telah berusia 30 tahun.

Saat ini diperkirakan terdapat peredaran 45 juta pemalsuan.

Uang logam ini terilhami desain lama (tiga pence), atau tiga penny bit, sebuah uang logam bersudut 12 yang beredar antara 1937 dan 1971.

Sebuah perlombaan akan digelar untuk menentukan gambar dari salah satu sisi uang logam baru itu.

The Royal Mint yang meyakini 3% dari uang logam £1 adalah palsu, mengatakan langkah ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mata uang Inggris dan mengurangi biaya untuk bank dan bisnis lainnya.

Pemberitahuan ini diumumkan menjelang Menteri Keuangan George Osborne mempersiapkan untuk pemberian Budget kelimanya pada hari Rabu.

'Desain ikonik'

Uang logam £1 yang saat ini digunakan dikenalkan 1983 sebagai bagian dari penarikan uang kertas satu pound yang akhirnya ditarik lima tahun kemudian.

Dari 1.5 miliar uang logam yang diperkirakan beredar, sekitar 2 juta pemalsuan ditarik dari peredaran setiap tahun.

Pemerintah menyatakan uang logam yang saat ini beredar sudah ada lebih lama dibandingkan yang lain dan teknologinya sudah tidak cocok untuk memerangi pemalsuan dengan teknologi canggih.

Uang logam yang baru akan memiliki ukuran yang sama dengan uang logam yang beredar saat ini dan akan berdasarkan potongan tiga penceyang dulu pernah terkenal namun hilang setelah proses denominasi ke sistem desimal di awal tahun 1970-an.

Selain bentuk yang unik, uang logam baru akan dibuat dalam dua warna dan akan memiliki teknologi terbaru agar bisa diidentifikasi otomatis setiap saat.

Di sisi depan uang logam tersebut akan ditampilkan wajah Ratu Inggris, sedangkan di sisi lain Kementerian Keuangan Inggris akan mengadakan perlombaan umum untuk menentukan gambarnya.
'Pelopor'

Beberapa sumber dari pemerintahan mengatakan sudah saatnya untuk "mempensiunkan" uang logam £1 yang diugunakan saat ini dan uang logam yg baru akan sesuai untuk menggantikan desain yang sangat ikonik itu.

"Dengan kemajuan teknologi membuat uang logam seperti £1 lebih rentan terhadap pemalsuan, maka sangat penting bagi kita untuk berada beberapa langkah di depan para penjahat agar kita dapat mempertahankan integritas mata uang kita," kata mereka.

Adam Lawrence, kepala eksekutif dari the Royal Mint, mengatakan proses ini dapat mengubah cara bagaimana uang logam dibuat di masa datang.

"Uang logam £1 yang saat ini sudah lebih dari 30 tahun dan menjadi semakin rentan terhadap pemalsuan. Tujuan kita adalah mengidentifikasi dan membuat uang logam baru untuk mengurangi pemalsuan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat Inggris pada mata uangnya."

Bank Inggris yang awal tahun ini mengumumkan uang kertas akan terbuat dari plastik dibandingkan benang kapas mulai 2016 menyatakan langkah ini akan "meningkatkan keamanaan dan integritas mata uang". (bbc)


Anda sedang membaca artikel tentang

Inggris Terbitkan Uang Logam Baru

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2014/03/inggris-terbitkan-uang-logam-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inggris Terbitkan Uang Logam Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inggris Terbitkan Uang Logam Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger