Jamaah Aboge Jombang Salat Idul Adha Pagi Ini

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 12.43

SURYA Online, JOMBANG - Sekitar 1.500 anggota jamaah tarikat Naqsyabandiyah Kholidiyah Mujadadiyah Al-Aliyah (NKMA)  atau  disebut komunitas aboge, di Dusun Kapas Desa Dukuhklopo, Peterongan, Jombang baru melaksanakan salat Idul Adha, Rabu (16/10/2013) pagi.

Itu karena tarikat NKMA menetapkan jatuhnya Idhul Adha Rabu ini atau sehari lebih belakangan ketimbang ketetapan pemerintah. Maka, gema takbir pun berkumandang di masjid tersebut sejak Selasa malam, hingga menjelang Salat Idul Adha.

Salat Idul Adha sendiri dimulai pukul 06.00 WIB, dengan imam Kiai Mustakim. Usai salat, jemaah mendapat ceramah dari H Nashuha Anwar, ketua tarikat NKMA.

Usai itu, beduk di pojok mesjid ditabuh bertalu-talu, sekitar 15 menit. Rangkaian Idul Adha diakhiri makan bersama di masjid. "Ini tradisi kami, dan sudah berlangsung puluhan tahun," kata H Nashuha.

Nashuha mengungkapkan, dasar penetapan Idul Adha jatuh Kamis hari ini karena pada Senin 7 Oktober lalu, rukyat yang dilakukan pihaknya secara binadroh (mata telanjang), melihat bulan. Ini menandakan saat itu tanggal 1 Dzulhijah. "Dengan demikian, Idul Adha (10 Dzulhijah, Red) jatuh pagi ini," terangnya.

Terkait penentuan Idul Adha dan juga Idul Fitri yang hampir selalu berbeda dengan pemerintah, Nashuha menganggap itu hanya kebetulan saja. Sebab, pada dasarnya, tarikat yang dipimpinnya menggunakan metode yang sama, yakni rukyat.

Diakui, tarikatnya memang juga menggunakan perhitungan yang disebut aboge (Alif, Rabo Wage), sehingga oleh masyarakat umum kerap disebut Islam aboge. Tapi, menurut Nashuha, perhitungan aboge itu bukan pedoman utama.

"Perhitungan aboge hanya alat untuk membantu, guna meringankan dalam melakukan perhitungan (penanggalan). Karena itu salah besar jika dikatakan kami ini Islam aboge," tandas Nashuha.

Tapi menurut Nashuha, untuk Idul Adha tahun ini, jika dihitung dengansistem aboge, ternyata juga cocok. "Kebetulan memang titis. Tapi sekali lagi, aboge bukan pedoman utama kami," ungkap H Nashuha.

Dan yang pasti, imbuh Nashuha, pihaknya selalu melakukan rukyat sendiri. Nashuha tidak pernah memedulikan apakah hasil rukyat untuk memulai Ramadan, Idul Fitri, Idhul Adha versi tarikatnya sama dengan pemerintah atau tidak.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jamaah Aboge Jombang Salat Idul Adha Pagi Ini

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/10/jamaah-aboge-jombang-salat-idul-adha.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jamaah Aboge Jombang Salat Idul Adha Pagi Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jamaah Aboge Jombang Salat Idul Adha Pagi Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger