Penukaran Uang Oleh BI Hanya Terserap Sebagian

Written By Unknown on Minggu, 11 Agustus 2013 | 12.42

SURYA Online, Surabaya - Untuk memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan penukaran uang pada Ramadan tahun ini, Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, sebelumnya telah menyiapkan uang sebesar Rp 11,9 triliun. Namun dari nilai sebesar itu, hingga penutupan akhir pekan lalu, baru sekitar 55 persen yang terdistribusikan ke masyarakat.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV, Soekowardojo mengatakan, baik melalui 500 perbankan di Jatim maupun langsung melalui BI, baru sekitar Rp 6,5 triliun yang telah dimanfaatkan masyarakat.

"Malah bisa dibilang waktu penutupan kemarin, kurang dari 55 persen," ujar Soekowardojo kepada Surya Online, Sabtu (10/8/2013).

Menurut Soekowardojo,hal ini juga terjadi pada Ramadan tahun lalu ketika BI di Jawa Timur menyiapkan uang untuk penukaran uang senilai Rp 9 triliun.

"Tahun lalu tidak sampai sekitar 60 persen terdistribusikan," imbuhnya.

Dijelaskannya pula, tak terdistribusikannya seluruh uang yang telah disiapkan, bukan berarti prediksi BI mengenai tingkat kebutuhan uang selama lebaran di Jatim meleset. Akan tetapi, BI memang sengaja menyediakan dana berlebih agar kebutuhan masyarakat benar-benar terpenuhi.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak awal Ramadan lalu, BI Wilayah IV Jawa Timur menyiapkan uang senilai Rp 11,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama lebaran.

Rinciannya, sebanyak Rp 10,3 triliun merupakan uang pecahan besar atau yang nominalnya lebih dari Rp 20.000. Sementara sisanya merupakan uang pecahan kecil di bawah Rp 20.000.

Dari sekitar Rp 6,5 triliun yang telah terdistribusikan, berdasarkan jumlah bilyet atau lembarannya, sebagian besar didominasi uang pecahan kecil.

"Tetapi kalau dihitung nominalnya, ya lebih banyak uang pecahan besar," pungkas dia


Anda sedang membaca artikel tentang

Penukaran Uang Oleh BI Hanya Terserap Sebagian

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/08/penukaran-uang-oleh-bi-hanya-terserap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penukaran Uang Oleh BI Hanya Terserap Sebagian

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penukaran Uang Oleh BI Hanya Terserap Sebagian

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger