Mobil Ini Langganan Jawara Kontes Mesin dan Interior

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 12.42

SURYA Online, SURABAYA - Sebuah mobil penumpang jadul (jaman dulu) terlihat parkir di garasi rumah di kawasan Royal Regency Ketintang Surabaya.

Di garasi, mobil tersebut terlindungi dengan  kain penutup mobil, namun mobil warna merah atau Red Ferrary ini sedang dalam kondisi ready untuk sewaktu waktu digunakan.

"Mobil ini sudah ready baru saja keluar bengkel," jelas Wibisono, pemilik VW Combi keluaran Tahun 1973.

Pensiunan Deputi Pimpinan BI Cabang Surabaya ini lantas membuka selimut mobil.

Sesaat warna merah menyala dari bodi mobil MPV jadul buatan Negara Jerman ini menyilaukan pandangan. "Mau dinyalakan mesinnya," katanya.

Pria berusia 60 tahun ini bergegas ke belakang, ia membuka kap mesin dan menekan salah satu tombol.

Tak berapa lama kontak mobil itu diputarnya untuk menghidupkan mesin mobil. Suara khas sebuah mesin  mobil VW Combi pun terdengar.

Deru mesin mobil yang sudah di up grade itu pun berderu. Menurut penggagas berdirinya Volkswagen Club Surabaya (VCS), mesin VW miliknya ini sudah tidak standar lagi.

"Kalau bawaannya 1600 CC, setelah di up grade kini menjadi 1700 CC lebih," jelas pria yang akrab dipanggil Pak Soni ini.

Menurutnya, mobil VW ini baru keluar bengkel untuk perawatan rutin. Jadi kondisi mobil sudah benar benar ready untuk digunakan.

"Mau coba jalan keluar," ajak Soni kepada Surya. Mobil pun dikeluarkan dari garasi untuk dijajal ke jalanan.

Setelah mendapat penjelasan sedikit tentang teknis mengemudikan dari VW yang beberapa kali meraih The Best Custom Resto pada sejumlah ajang kontes mobil Surya pun menjajal VW yang juga pernah meraih juara pada drag race malam pergantian tahun kemarin di Pantai Ria Kenjeran.

Saat menginjak pedal kopling, VW Combi yang  hampir seluruh interiornya  masih orisinil semua ini ternyata cukup dalam.

"Koplingnya dalam karena setelan koplingnya lain," kata Soni.

Namun begitu pedal kopling dilepas sedikit, mobil ini langsung menghentak, begitu masuk persneling dua tenaga mobil ini begitu terasa, laju mobil pun makin kencang begitu seterusnya.

Tak heran bila pada jalanan lurus mobil dengan tampilan bongsor dan  tomboy ini mampu melaju hingga kecepatan 160 km/jam.

Stir yang berdiameter besar membuat VW Combi ini lebih mudaj dikendalikan, meski untuk stir belum dilengkapi dengan power steering yang menyebabkan kendali sedikit lebih berat.

Menurutnya sengaja VW Combi yang dibelinya dari orangtuanya sendiri ini benar benar mendapat perhatian dari sisi perawatan dan modifikasi.

"Kalau untuk modifikasinya sih custom pada mesin dan interior, tapi untuk bodi masih standar sesuai aslinya," papar Soni.

Pada bagian mesin, Soni yang menunjuk bengkel secara khusus meng up grade kapasitas mesin tersebut lebih besar dari aslinya.

"Mesin sudah tidak ada masalah dengan kapasitas yang lebih besar," katanya.

Untuk pengapian misalnya, VW Combi yang saat itu dibelinya seharga Rp 8 juta, juga diperbesar kapasitasnya dengan penampahan komponen pengapian merek MDS.

Untuk mempertahankan orisinil dari mobil ini sengaja Soni tidak mengutak atik fitur fitur yang ada di bagian dashboard. Hanya saja ia mengubah fungsi dari fitur yang ada.

Misalnya saja fitur untuk heater (penghangat), dengan tombol fitur yang tetap sesuai aslinya tombol ini berubah fungsi menjadi fitur untuk AC.

Fitur lainnya sebagai keamanan pada mobil yang ditambahkan adalah penunjuk  oil temperatur, oil pressure, volt meter, dan RPM

"Di negara asalnya udaranya sangat dingin, jadi mobil ini ada sistem heaternya biar hangat, sekarang untuk AC," jelas Soni.

Untuk AC Soni membawa AC merej Sanden 508  yang blowernya ditempatkan di ujung bagian belakang.

Ketika dihidupkan AC ini cukup dininginnya cukup nyess..sehingga dipastikan penumpang nyaman saat berkendara dengan mobil ini.

Selain tombol fungsi untuk fitur yang masih ori, Soni juga masih mempertahankan spedometer dan audio.

"Spedometer dan audio ini bawaan aslinya, dan semuanya masih berfungsi baik," cetusnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil Ini Langganan Jawara Kontes Mesin dan Interior

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/08/mobil-ini-langganan-jawara-kontes-mesin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil Ini Langganan Jawara Kontes Mesin dan Interior

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil Ini Langganan Jawara Kontes Mesin dan Interior

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger