Hotel Budget Masih Kalah Nama Besar

Written By Unknown on Senin, 08 April 2013 | 12.43

Senin, 8 April 2013 12:04 WIB | Dibaca: 37 | Editor: Tri Dayaning Reviati | Reporter : Eben Haezer Panca

Saat ini, ada kecenderungan hotel-hotel budget mulai mencoba meningkatkan TPK dengan menyediakan fasilitas untuk MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions).

Seorang pengusaha asal Surabaya, Ignacia Sri Juliani menyayangkan, tingkat penghunian kamar (TPK) mereka belum bisa tergenjot secara maksimal karena masih belum memiliki nama besar seperti hotel-hotel bintang lima.

"Artinya, untuk bersaing, hotel-hotel budget itu harus meningkatkan kualitas layanan, karena secara fisik juga sudah kalah," kata perempuan asal Wiyung, Surabaya, yang membangun bisnis pakaian impor ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, TPK hotel berbintang di Jawa Timur pada Februari 2013 mencapai 40,97 persen atau setiap 100 kamar yang tersedia di hotel berbintang, setiap malamnya hanya 40 hingga 41 kamar yang dihuni tamu. 

TPK Hotel Bintang lima tetap tertinggi, dengan nilai 51,44 persen sementara TPK hotel bintang empat 41,79 persen ; hotel bintang tiga 40 persen, hotel bintang dua 38,87 persen, dan hotel bintang satu 28,35 persen.

"Saya kira kalau soal persaingan, memang sekarang sudah sangat ketat, terutama antarhotel di Surabaya ini," tambah Sri Juliani yang kerap mengadakan rapat-rapat bisnis di hotel, mulai hotel budget hingga hotel bintang lima.

Meski distribusi tamu relatif hampir merata tapi menurut Kepala BPS Jatim, Irlan Indrocahyo, secara keseluruhan ada penurunan TPK hotel berbintang pada Februari dibandingkan Januari 2013, yakni 0,75 poin. Pada Januari, TPK mencapai 41,72 persen.

Dibandingkan periode yang sama  tahun sebelumnya (year on year), TPK hotel bintang lima yang paling meningkat, yakni dari 48,78 persen (Februari 2012) menjadi 51,44 persen. Sedangkan, hotel bintang satu hingga empat, sama-sama turun untuk periode yang sama dibanding tahun sebelumnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini »

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

Hotel Budget Masih Kalah Nama Besar

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2013/04/hotel-budget-masih-kalah-nama-besar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hotel Budget Masih Kalah Nama Besar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hotel Budget Masih Kalah Nama Besar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger