MCW Wadul Dewan Adanya Tarikan SPP

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 12.42

Rabu, 5 Desember 2012 12:26 WIB | Dibaca: 7 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Siti Yuliana

SURYA Online, MALANG - Masalah biaya pendidikan di Kota Malang masih menjadi persoalan utama bagi Malang Corruption Watch (MCW).

Rabu (5/12/2012) siang, beberapa perwakilan MCW  wadul ke anggota dewan terkait adanya tarikan menjelang Ujian Tengah Semester (UTS). MCW menemukan, ada sekolah yang memanfaatkan momentum UTS untuk menarik biaya sekolah, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA, yang tengah berlangsung  beberapa minggu lalu.

Data yang mereka kantongi, ada tiga siswa dari SMPN 10  yang mengadu dipaksa membayar uang SPP menjelang UTS. Jika tidak, ketiga siswa itu diancam tidak bisa mengikuti UTS di ruang kelas. "Akhirnya mereka bertiga ujian di musholla karena tidak bayar SPP," kata Zainuddin, Kepala unit investigasi dan advokasi MCW. Adapun besaran SPP senilai Rp 65.000 per bulan.

Momentum ujian dikhawatirkan MCW menjadi tekanan bagi siswa dan orangtua. Karena itu, dalam hearing bersama komisi D DPRD, Zainuddin meminta dewan lebih mengawasi model pungutan seperti itu. "Sebentar lagi Ujian Akhir Semester (UAS), kami khawatir akan ada penekanan kepada siswa. Dewan harus tegas melarang itu," tegas Zainuddin.

Pada hearing tersebut, mereka ditemui ketua Komisi D Fransisca Rahayu budiarti. Dia katakan, semua masukan MCW akan dibahas bersama anggota dewan dan Dinas Pendidikan (Dindik) Malang.

Tarikan SPP menurut Fransisca sebenarnya hal wajar. Pasalnya, kebutuhan sekolah banyak dan anggaran dari BOS tidak mencukupinya. "Kami membolehkan adanya tarikan SPP itu,asalkan dikomunikasikan secara baik antara komite dan orangtua," katanya.

Menurutnya, biaya sekolah akan bebas apabila besaran BOS ditambah sesuai dengan kebutuhan sekolah. "Penambahan BOS akan kami bahas, bisa apa tidak," ujarnya.

Terkait tekanan jelang ujian, Fransisca menghimbau agar sekolah tidak melakukan itu. Sebab, tekanan itu akan memengaruhi psikologi siswa. "Sebaiknya dicarikan jalan keluar, apalagi siswa akan ujian, khawatir nilainya buruk," tukasnya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

MCW Wadul Dewan Adanya Tarikan SPP

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/12/mcw-wadul-dewan-adanya-tarikan-spp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MCW Wadul Dewan Adanya Tarikan SPP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MCW Wadul Dewan Adanya Tarikan SPP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger