Sindir Penggundulan Hutan, ProFauna Aksi Gundul

Written By Unknown on Minggu, 18 November 2012 | 12.42

Minggu, 18 November 2012 10:05 WIB | Dibaca: 83 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Zainuddin

SURYA Online, MALANG - Maraknya alih fungsi hutan menjadi pemukiman atau persawahan membuat satwa liar musnah. Menyindir maraknya alih fungsi lahan ini, ProFauna menggelar aksi gundul massal di Jalan Ijen, Kota Malang dengan memanfaatkan Car Free Day, Minggu (18/11/2012).

Aksi yang digelar bersama Harris Hotel ini menarik perhatian warga. Belasan warga memanfaatkan aksi gundul massal itu untuk mencukur habis rambutnya. Warga yang berminat mencukur rambutnya tidak perlu membayar mahal. "Mereka membayar seikhlasnya. Semua dana yang terkumpul dari aksi ini akan kami gunakan untuk pelestarian lingkungan," kata Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid.

Dalam catatan ProFauna, sedikitnya 4 juta hektar hutan di Indonesia beralih fungsi menjadi pemukiman dan persawahan atau ladang. Menurutnya perambahan hutan di Indonesia ini tercepat di dunia. Khusus di Malang Raya, perambahan hutan yang paling marak berada di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Kawi.  "Perambahan hutan di Malang Raya sangat memprihatinkan. Padahal hutan di Gunung Arjuno dan Gunung Kawi itu seperti jantungnya hutan di Jatim," tambahnya.

Dalam aksi ini, aktivis ProFauna mengusung berbagai poster pelestarian satwa liar, seperti 'Stop Perdagangan Primata', Lestarikan Primata Indonesia', 'Jangan Beli Satwa Liar', dan berbagai poster lainnya. Balon gorila ukuran raksasa juga menghiasi Car Free Day selama demonstrasi berlangsung.

Rosek mengaku sengaja memilih Car Free Day untuk menggelar aksi karena menjadi pusat berkumpulnya warga kota. Moment yang digelar setiap Minggu ini juga menjadi ajang berkumpulnya berbagai komunitas, termasuk komunitas pecinta satwa liar. "Melalui kampanye ini, kami ingin menegaskan bahwa satwa liar itu tempatnya di hutan," tegasnya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

Sindir Penggundulan Hutan, ProFauna Aksi Gundul

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/11/sindir-penggundulan-hutan-profauna-aksi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sindir Penggundulan Hutan, ProFauna Aksi Gundul

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sindir Penggundulan Hutan, ProFauna Aksi Gundul

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger