2013 Kota Malang Komitmen Bebas Sampah

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 12.42

Sabtu, 3 November 2012 12:40 WIB | Dibaca: 14 | Editor: Heru Pramono | Reporter : Lailatul Maulidiyah

SURYA Online, MALANG - Pemkot Malang berkomitmen di tahun 2013 akan bersih dari sampah, baik sampah basah maupun sampah kering. Komitmen ini, dikuatkan dengan mulai berkurangnya jumlah sampah yang terbuang, karena masyarakat mulai melakukan recycle sampah.

Wasto, Kepala Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Kota Malang mengatakan, pihaknya optimis bisa melaksanakan program tersebut. Pasalnya hingga minggu kemarin, jumlah pembuangan sampah melalui gerobak sampah menurun hingga 50 persen.

"Jika sebelumnya setiap kampung sampah bisa 3 gerobak sampah, untuk saat ini sudah menurun cuma 1,5 sampah saja, ini kan sudah jelas, kalau masyarakat mulai sadar untuk memanfaatkan sampah," kata Wasto ketika peresmian unit BSM "Gurih" di RW 03 Kelurahan Sukun, Sabtu (3/11/2012).

Hal semacam ini, dikarenakan mayoritas warga malang memanfaatkan Bank Sampah Malang (BSM) untuk menjual sampah mereka, dan menggunakannya untuk membayar listrik atau membayar tagihan PDAM dan kebutuhan lainnya.

Sementara untuk faktor pendukung peningkatan lingkungan yang asri, dengan mengahruskan warga menanam bunga disetiap rumahnya serta ada alat khusus untuk menampung air hujan, sehingga tidak terbuang sia-sia. Dan juga dilarang merokok didepan rumah.

"Untuk program ini, baru dilaksankan di RW 03 untuk program percontohan, dan rencananya akan dilaksanakan diseluruh Kota Malang," tutur Wasto.
Rencana ini, mendapat tanggapan serius dari Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya. Menurutnya, Kampung RW 03 Sukun yang dinilai sebagai kampung terasri di Kota Malang akan dimasukkan ke salah satu kampung percontohan untuk program nasional kampung iklim.

"Kampung ini sangat bagus, dan pastinya akan kami masukkan ke dalam daftar program kami, dan akan kami berikan bantuan penunjang kegiatan pelestarian lingkungan," kata Balthasar ketika melakukan penanaman pohon sukun dan peresmian unit BSM di RW 03 Sukun Kota Malang. Saat ini, memang pihaknya sedang melakukan pendataan untuk kampung-kampung yang asri.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/


Anda sedang membaca artikel tentang

2013 Kota Malang Komitmen Bebas Sampah

Dengan url

http://cahayapost.blogspot.com/2012/11/2013-kota-malang-komitmen-bebas-sampah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

2013 Kota Malang Komitmen Bebas Sampah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

2013 Kota Malang Komitmen Bebas Sampah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger